Selasa, 31 Maret 2009

Tips Pijat Sendiri

Jika dilakukan secara benar, pijat pribadi bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, serta mengurangi rarsa sakit pada titik-titik sumber rasa sakit pada tubuh.

Pijatlah otot Anda dengan ujung-ujung jari, jempol, kepalan tangan, atau siku. Gunakan apa pun yang terasa lebih mudah dan yang paling nyaman menurut Anda. Alat pijat biasanya lebih mudah digunakan untuk menjangkau bagian-bagian tubuh yang agak susah dijangkau, tetapi jika Anda tidak ingin membeli alat pijat, botol bisa digunakan menjadi alternatif lain.

Tekanlah otot atau titik pusat rasa sakit secara langsung, atau Anda juga bisa meremas baik secara melingkar atau mundur-maju. Anda tidak perlu cemas akan arah serat-serat otot. Alasan utama menekan otot adalah untuk meregangkannya.

Pijat kuat tetapi secara bertahap. Anda sebaiknya menekan kuat, tetapi secara perlahan. Buatlah skala 1-10, dimana 1 tanpa rasa sakit dan 10 rasa sakit yang tidak tertahankan, jadi Anda cukup memijat dari skala 5-7.

Kenalilah tubuh Anda. Tekanan pada simpul otot sebaiknya kuat dan terasa. Setelah Anda berhenti memijat area tersebut, Anda seharusnya merasa lebih baik dan rasa sakit berkurang.

Pijatlah di area tubuh yang sakit. Periksa dan carilah titik-titik sensitif di tubuh Anda. Contoh, jika bahu Anda sakit, carilah pusat sumber rasa sakit di bagian puncak bahu Anda.

Pusat sumber rasa sakit tetapi bukan tempat yang sakit. Pusat rasa sakit seringkali tidak berada di bagian tubuh yang sakit, jadi temukan dan pijatlah sumber pemicu rasa sakit.

Pijatlah tiap titik yang dicurigai sebagai pusat pemicu rasa sakit selama 30 detik. Setiap titik sumber rasa sakit hanya perlu pijatan maksimal 5 menit.

Pijatlah otot-otot sesering yang diperlukan tubuh Anda. Jika Anda tidak mengalami reaksi-reaksi negatif apa pun, Anda bisa memijat setiap titik rasa sakit sekali dalam sehari, atau paling sering 6 kali dalam sehari.

By: http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/?ar_id=ODA2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar